Tanah Papua

Keuangan dan Ekonomi Menjadi Fokus Raker AM III Sinode GKI

JAYAPURA, 7/10 (MK) – Ketua Sinode GKI di Tanah Papua, Pdt.Andrikus Mofu resmi membuka Raker AM III Sinode GKI di Tanah Papua di GOR Waringin Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, Senin (7/10/2019).

Klasis GKI Port Numbay menjadi tuan rumah pelaksanaan Raker Am III ini. Raker AM I tahun 2017 dilaksanakan di Klasis Sorong dan Raker AM II tahun 2018 dilaksanakan di Klasis Sarmi Barat.

Pdt.Mofu dalam sambutannya menjelaskan mengenai agenda Raker AM III yang akan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 7-9 Oktober 2019.

Dimana katanya, pihaknya akan lebih fokus pada tiga bidang utama yang ada dalam GKI di Tanah Papua, yaitu bidang umum, bidang daya dan dana. Terutama akan mengevaluasi program dari ketika bidang itu, yang mana telah ditetapkan pada Raker II tahun 2018 di Klasis Sarmi Barat.

Setelah itu katanya, pihaknya akan membahas dan menetapkan program dari tiga bidang itu untuk tahun 2020.

‘Jadi akan ada evaluasi mengenai mana yang telah dijalankan dan mana yang tidak dijalankan, serta kendalanya. Memang dalam Raker III ini akan lebih memberi perhatian pada keuangan dan ekonomi. Ini penting dimana gereja harus memberi makan pada umatnya, seperti yang dilakukan Yesus ketika memberikan makan 5000 orang.

Gereja jangan hanya hadir di mimbar-mimbar saja, tetapi kita harus memberi perhatian pada umat tentang makan dan minum. Gereja juga hadirkan tanda tanda kerajaan Allah,” kata Pdt.Mofu di hadapan 449 lebih peserta dari 56 klasis dan 6 bakal klasis serta jemaat kategorial dari Sorong hingga Merauke.

Ketua Sinode juga mengakui akan mengangkat 500 pelayan GKI di Tanah Papua, termasuk pegawai organik lainnya. Oleh sebab itu katanya sumber-sumber keuangan gereja dari konvensional maupun inkonvensional agar diperhatikan demi memenuhi kebutuhan yang ada.

Ketua Panitia, Pnt.Benhur Tommy Mano yang adalah Wali Kota Jayapura mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak, baik Sinode GKI di Tanah Papua, Pemda Papua, Pemda Papua Barat, Pemerintah Kota Jayapura, klasis-klasis di Wilayah I, maupun individu-individu yang telah mendukung pelaksanaan Raker AM III ini.

“Sumbangan dana yang disumbangkan untuk melaksanakan Raker III sebesar 4,2 milyar. Oleh sebab itu saya atas nama panitia menyampaikan terima kasih untuk dukungannya. Akhir dari Raker, peserta akan difasilitas ke tempat-tempat wisata, seperti perbatasan PNG-RI dan jembatan merah,” kata Pnt.Mano.

Ketua Klasis Port Numbay, Pdt.Hein Carlos Mano mengapresiasi BP Am Sinode GKI yang telah memberikan kepercayaan kepada Klasis Port Numbay untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Raker AM III.

“Selamat datang kepada duta-duta kristus di tanah Tabi dan selamat melaksanakan Raker AM III selama tiga hari ini. Tuhan Yesus memberkati kita sekalian,” ucapnya. (eli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *