HEADLINE

Mengetahui Program Kemitraan, Kepala Departemen Asia UEM Kunjungi Sinode GKI-TP

Jayapura, 5/8 (MK) – Ketua Sinode GKI di Tanah Papua, Pdt.Andrikus Mofu gelar rapat terbatas dengan Kepala Departemen Asia dari United Evangelical Mission (UEM) Jerman di ruang rapat Kantor Sinode GKI-TP, di Argapura, Jayapura, Papua, Senin (5/8/2019).

Pdt.Dyah adalah Kepala Departemen Asia dari UEM yang baru menjabat dari Gereja GKJW di Jawa yang mengantikan Pdt. Sonnia Parera Hummel yang telah pensiun belum lama ini.

Dalam rapat itu dihadiri Drs. Jan Rumbrar, Sekertaris Departemen Kemitraan dan Hubungan Oikumenis Sinode GKI, Pdt.Joyce da Costa, Kepala Bidang Hubungan Oikumene Departemen Kemitraan Sinode GKI beserta dua staf Departemen Kemitraan.

Ketua Sinode GKI-TP, Pdt.Andrikus Mofu menyampaikan sejumlah perkembangan gereja GKI di Tanah Papua, tetapi juga hubungan kemitraan GKI dengan sejumlah gereja di Indonesia, Asia hingga Eropa yang menjadi anggota UEM.

Diantaranya hubungan kemitraan antara Klasis GKI Balim Yalimo, Mamberamo Apawer, Yalimo Angguruk dan Yalimo Elelim. Klasis GKI Ayamaru dan Klasis Witt Jerman, Klasis GKI Keerom dan GKJW serta hubungan kemitraan Sinode Pfalz Jerman.

Tetapi juga menyampaikan informasi tentang pengelolaan pensiun yang saat ini dikelola oleh Badan Pensiun Sinode GKI-TP yang dibentuk tahun 2018.

Suasan rapat di ruang rapat Kantor Sinode GKI di Argapura. (Ely/MK)

Drs.Jan Rumbrar menyampaikan mengenai awal mula hubungan kemitraan sejumlah gereja di Asia, Eropa dan Indonesia dan perkembangan kemitraan secara spesifik, termasuk sejumlah beasiswa UEM kepada sejumlah mahasiswa program master dan doktoral.

Termasuk informasi mengenai kepemilikan lapangan terbang perintis di Pos Pelayanan GKi di Wilayah pegunungan yang saat ini menjadi milik GKI di Tanah Papua.

Pdt.Joyce da Costa menyampaikan terkait penggalangan dana United Action dan UEM Sunday yang selama ini dilakukan GKI dengan melibatkan warga jemaat GKI untuk mendukung program UEM di Asia, Eropa dan Afrika.

Sementara, Pdt. Dyah menyampaikan terima kasih kepada GKI di Tanah Papua atas dukungannya dan kerjasamanya dalam mendukung program UEM.

Ia juga menyampaikan bahwa GKI sudah menjadi contoh dalam mendukung program-program UEM. “Gereja lain harus belajar dari GKI-TP dalam hal kegiatan penggalangan dana UEM,” tukas Pdt.Dyah.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan penyerahan cenderamata oleh Ketua Sinode GKI, Pdt.Andrikus dan Pdt.Dyah Kepala Departemen Asia UEM. (ely)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *