HEADLINE

MRP Akan Undang Bupati-Wali Kota Papua Bicara Implementasi Otsus

Jayapura, 25/7 (MK) – Dorlince Mehue, Anggoat Majelis Rakyat Papua (MRP) dari Pokja Gereja yang diutus GKI di Tanah Papua mengakui bahwa pada bulan Agustus 2019 pihaknya akan mengundang semua bupati dan wali kota se-Papua untuk gelar Rapat Kerja (Raker) di Jayapura.

Tujuannya kata Mehue menanyakan “apa yang telah dilakukan selama menjabat sebagai bupati dan wali kota dalam pemanfaatan dana Otsus,” tutur Mehue dalam mengawali kunjungannya ketika reses masa II ke Kantor Sinode GKI di Tanah Papua di aula Kantor Sinode Argapura, pada tanggal 23 Juli 2019.

Selain itu kata Mehue, pihaknya juga telah mendiskusikan soal penggunaan dana Otsus yang selama ini dibagi 80 persen daerah dan 20 persen provinsi.

Menurutnya, hal ini menjadi perhatian pihaknya untuk disampaikan kepada Gubernur Papua agar pembagian ditiadakan, sebab Otsus yang diberlakukan negara terfokus pada provinsi bukan daerah. Artinya Otsus itu berlaku bagi provinsi, bukan daerah atau kabupaten.

“Kami juga telah Memaklumat kontrak karya Freeport, bahwa kontrak karya Freeport harus mendapat persetujuan MRP,” tukasnya.

Pdt.Hiskia Rollo ketika menerima 7 Maklumat dari ibu Dorlince Mehue. (Ely/MK)

Sementara, Waki Ketua Sinode GKI di Tanah Papua, Pdt.Hiskia Rollo dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas kunjungan anggota MRP dalam masa reses ini, yang mana gereja bisa memberikan masukan untuk MRP ditindaklanjuti.

Contohnya kata Wakil Ketua Sinode, untuk menyelamatkan masyarakat Adat Tabi, pihaknya telah bersepakat untuk melakukan perhitungan penduduk asli adat Tabi, orang Papua yang tinggal di Wilayah adat Tabi, orang non Papua yang tinggal di wilayah Tabi.

Katanya, hal ini dipandang baik sehingga pihaknya akan merekomendasikan ke 6 Wilayah Adat lain di Tanah Papua agar dilakukan.

Sekadar informasi, Anggota MRP yang diutus GKI berjumlah dua orang, yaitu Dorlince Mehue dan Robert Wanggai. Dalam kesempatan itu, Robert Wanggai melakukan kunjungan dalam masa reses ke sejumlah klasis di daerah Genyem.

Pertemuan pada masa reses anggota MRP itu dihadiri sejumlah staf dan kepala-kepala bidang Kantor Sinode GKI di Tanah Papua. (ely)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *