HEADLINE Tanah Papua

Pesan Natal 2018 Ketua Sinode GKI: Kita Terus Andalkan Hikmat Dari Tuhan

Pertama tama saya Pdt.Andrikus Mofu sebagai Ketua Sinode GKI di Tanah Papua, menyampaikan selamat buat seluruh warga GKI dan umat kristiani di Tanah Papua.

Kita bersukur kepada Tuhan karena oleh pertolongan dan penyertaanNya, kita boleh menjalani seluruh kehidupan dan juga pekerjaan pelayanan kita sepanjang tahun 2018. Kita percaya bahwa kasih Tuhan, berkat dan perlindungan Tuhan selalu nyata dalam hidup kita, dan terus menyertai dan memberkati kita dalam tugas kerja dan pelayanan.

Kita juga sebagai warga gereja dalam mempersiapkan diri untuk menjalani perayaan minggu-minggu adven, juga natal 2018, maka pada kesempatan baik dan berbahagia ini, saya sebagai Ketua Sinode GKI di Tanah Papua mengajak kita sekalian supaya kita mempersiapkan diri dengan baik secara bersama sama. Supaya kita dapat memasuki perayaan-perayaan di bulan Desember secara khusus minggu-minggu adven dan juga natal secara baik.

Untuk itu saya mengajak kita bersama sama menghayati dan juga memahami tema natal secara sentral dari persekutuan gereja-gereja di Indonesia tahun 2018 yang terangkat dari kitab Korintus, 1:30a, yakni “Yesus Kristus hikmat bagi kita”.

Tema ini tentu mengandung pesan yang sangat dalam bahwa sebagai orang orang percaya dan pengikut Kristus, kita harus menyadari dan meyakini bahwa Yesus Kristus adalah sumber keselamatan dan kekuatan bagi kita. Dan di dalam tema ini, Yesus Kristus adalah hikmat bagi kita, tetapi juga di tengah-tengah pergumulan dunia, nasional. Kita sedang menghadapi begitu banyak masalah, tantangan dan persoalan yang tidak sedikit dan tidak kecil, yang terjadi baik itu persoalan internal di dalam gereja dan juga di tengah tengah masyarakat, bangsa bahkan secara global. Maka hal yang berkaitan dengan kesadaran spiritual ataupun penghayatan iman kita itu menjadi hal yang sangat penting.

Pdt.Andrikus Mofu tengah, bersama dua pendeta dari salah satu gereja di Korsel. (Elisa/MK)

Tema sentral natal 2018 yang di ambil dari Korintus, 1:30a ini hendak mengandung sebuah makna dan pesan, tetapi juga relasi. Nah jikalau kita memasuki ruang waktu dan ruang hidup kita, maka tidak hanya mengandalkan kekuatan diri kita sendiri atau otoritas kita sendiri. Tetapi kiranya kita terus mengandalkan Tuhan dan juga mengandalkan hikmat yang berasal dari Tuhan, karena itu saja yang bisa mengantar kita untuk melakukan hal hal yang berguna, baik diri kita sendiri, gereja, masyarakat dan bangsa.

Itulah sebabnya saya pada bagian ini mengajak kita semua, baik itu di lingkup BP Am Sinode GKI di Tanah Papua, tetapi juga para pelayan. Baik itu pendeta, guru jemaat, penginjil, vikaris, para penatua, dan syamas, bahkan seluruh warga gereja GKI di Tanah Papua. Supaya baiklah kita mempersiapkan diri, dan hidup kita dibulan Desembar dalam memasuki perayan perayan 4 minggu adven yang akan kita lewati bersama sama. Tetapi juga dalam perayaan natal supaya kita tidak hanya melewati ini sebagai perayaan perayaan seremonial saja, tetapi dengan penghayatan diri secara penuh dengan hikmat mengandalkan kekuatan dan juga berkat yang Tuhan berikan buat hidup kita dan kita akan menjalani hari hari hidup kita kedepan dengan lebih baik lagi.

Hari ini begitu banyak persoalan dan masalah bukan hanya diluar kita, tetapi juga dilingkup gereja bahkan di tengah masyarakat dan keluarga, maka kiranya kita mau menyadari dan memberi diri, terutama hidup kita kepada Tuhan. Juga Terus hidup dalam ketaatan akan firman Tuhan, supaya didalamnya kita dituntun dan ditolong untuk terus melakukan hal hal yang berguna bagi diri kita sendiri, bagi gereja dan juga untuk masyarakat, bahkan kita menjadi saksi saksi di tengah tengah dunia ini.

Itu pesan saya sebagai Ketua Sinode GKI di Tanah Papua.

Selamat mempersiapkan diri dalam memasuki bulan Desember, bulan yang penuh dengan perayaan perayaan iman, baik itu minggu adven perayaan natal, tetapi juga kita bersama sama akan  menyambut tahun baru 1 Januari 2019 dalam berkat kasih dan pertolongan Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati kita sekalian!! (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *